Wisata Keren Candi Prambanan

Sepintas Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan ialah salah satu bangunan yang sangat luar biasa indahnya candi ini di bangun pada abad yang ke sepuluh yaitu pada masa pemerintahan oleh 2 raja, Rakai Balitung dan juga Rakai Pikatan. yang mana bangunan candi ini menjulang keatas dengan tinggi empat puluh tujuh meter dan lebih tinggi 5 meter jika di bandingkan dengan candi Borobudur, dengan tinggi yang melebihi tingginya candi borobudur ini sudah memenuhi keinginan yang membuatnya, yang bisa menunjukan bahwa kejayaan hindu yang ada di tanah jawa ini. Candi Prambanan berada 17 KM dari dekat pusat kota gudeg atau Yogyakarta, yang di bangun di area taman yang indah.

Di balik keindahan candi ini ada kisah yang paling melegenda yang sering di ceritakan oleh masyarakat terutama masyarakat Jawa. Dikisahkan, ada seorang pria yang punya nama Bandung Bondowoso yang sangat menyayangi Roro Jonggrang. Tapi karena tidak cinta, Roro pun minta syarat yaitu untuk membangun suatu candi dengan seribu arca dalam waktu hanya semalam. Apa yang di syaratkan itu hampir saja di penuhi kalau saja Roro tidak minta pada masyarakat desa untuk menumbuk padi juga Roro meminta agar di buatkan api besar supaya keadaan yang gelap itu seakan akan pagi hari. Tapi bondowoso yang baru selesei membangun 999 arca lalu mengutuk pada Roro Jonggrang di kutuk menjadi sebuah arca ke seribu karena Bondowoso merasa telah di curangi.

Wisata Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan mempunyai tiga candi yang utama dan berada di halaman, yaitu candi Brahma, candi wisnu dan juga candi Siwa. Ke 3 candi itu adalah sebagai lambang Trimurti oleh orang-orang hindu. Dan posisi dari ke 3 candi itu menghadap kearah timur. Dalam setiap candi yang utama itu mempunyai 1 candi pendamping dan candi pendamping itu menghadap kebarat, yaitu candi Nandini untuk candi Siwa, Candi Angsa untuk Candi Brahma dan juga Candi Garuda untuk Candi Wisnu. Selain candi-candi itu, ada dua candi apit, dan empat candi kelir, juga empat candi sudut Dan halaman yang ke 2 mempunyai dua ratus dua puluh dua candi.

Waktu masuk candi Siwa yang berada di tengah dan bangunan candi itu paling tinggi, kalian akan menjumpai empat ruangan. Dan 1 ruangan utama itu ada arca siwa, lalu tiga ruangan lainnya berisi beberapa arca yaitu agastya adalah gurunya, durga adalah istrinya,lalu ganesa adalah putra siwa. Dalam leganda, Roro Jonggrang di sebut oleh mayarakat yaitu sebagai Arca Durga.

Dalam candi Wisnu yang berada di sebelah utaranya Siwa, kalian bakalan menjumpai arca Wisnu yang berada di 1 ruangan. Dan juga demikian candi Brahma yang berada di sebalah selatannya siwa, kalian hanya akan menjumpai arca brahma yang ada di 1 ruangan.

Candi Prambanan juga mempunyai suatu relief sebuah candi yang mana candi itu memuat kisahnya Ramayana. Menurut ahli, bangunan itu sangat mirip sama ceritanya Ramayana yang telah di turunkan dari tradisi lisan. Bangunan atau relief lainnya yang menarik yaitu suatu pohon yang namanya pohon kalpataru yang mana di dalam agama hindu itu di sebut pohon kehidupan menurut kepercayaan orang hindu, juga sebagai keserasian lingkungannya. Di candi Prambanan, relief Kalpataru itu di perlihatkan mengapit singa. Jika di lihat dari beradanya pohon ini para ahli menganggapnya jika pada abad ke sembilan masyarakatnya mempunyai kearifan untuk membangun lingkungan.

Kalpataru pun sekarang banyak di gunakan untuk berbagai macam suatu kepentingan. Di negara Indonesia, Kalpataru telah menjadi suatu lambang yaitu yang sekarang kita kenal dengan Wahana lingkungan hidup. Bakahan, dari beberapa orang ilmuwan yang ada di Bali telah mngembangkan konsep yaitu Tri Hita karana dengan tujuan untuk pelestarian suatu lingkungan dengan menatap relief kalpataru yang ada di candi ini. Dari pohon kehidupan  itu bisa di lihat pada suatu gunungan yang di pergunakan untuk membuka suatu acara kesenian terutama kesenian wayang. Ini jadi sebuah bukti kalau relief yang berada di Candi Prambanan sudah mendunia.

Dan masih sangat banyak yang bisa kita ketahui tentang candi yang bagus dan penuh dengan sarat pesan moral dan sosial. Tentunya kalian jangan merasa pusing atau lelah. Andaikan kalian lelah, kalian juga dapat beristirahat di taman yang ada di sekitaran candi ini.

Demikian artikel tentang wisata keren yang bernuansa budaya, Candi Prambanan. Semoga bisa menjadikan informasi yang bermanfaat bagi kita dan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Rate this article!
Tags:
author

Author: