Strategi 4P Produk Unilever Rinso Vs Soklin

Perang Harga Rinso Vs So Klin

Dalam tulisan sederhana kali ini, Saya ingin memberikan sebuah analisa tentang bagaimana produk Unilever, khususnya Rinso dalam memainkan aplikasi 4P untuk memenangkan persaingan bisnis di pasar. Analisa ini bertujuan untuk kajian semata, untuk memberikan pelajaran bisnis bagi mereka-mereka yang sedang belajar ilmu manajemen, khususnya dalam bidang pemasaran. Sedikit saya singgung apa itu 4P (Price, Product, Promotions dan Place) adalah strategi paling kuno dan ampuh untuk berperang dalam dunia bisnis, entah itu untuk memasarkan jasa atau produk. Ini adalah ilmu paling basic dalam dunai pemasaran. Rata-rata mereka yang sedang duduk di bangku kuliah yang sedang mengambil jurusan Manajemen, Adminitrasi Niaga tahu dan mengenal ilmu dasar manajemen ini.

Oke, kembali pada tulisan analisa Saya untuk produk Unilever khususnya Rinso, Saya ingin melihat untuk Rinso Molto ukuran 800 Gram. Rinso ini beberapa waktu yang lalu pernah menggunakan startegi Price yaitu dengan menurunkan harga. Ya, awal-awal dikeluarkan produk ini di banderol dengan harga dari pabrik Rp.15.600. Harga ini sama dengan Rinso 900 Gram varian Anti Noda. Hanya sedikit gambaran illustrasi produk, Rinso mengeluarkan varian 1 Kg (bahasa dilapangan untuk menjual produk mereka, padahal gak ada 1 KG) yaitu Rinso Molto 800 Gram dan Rinso Anti Noda 900 Gram. Pertama kali produk ini diluncurkan dibandrol dengan harga yang sama yaitu Rp.15.600. (hanya sebagai catatan pula, harga ini Saya ambil sebagi harga terbaru rinso beberapa bulan yang lalu, karena terus berubah mengalami kenaikan seiring kenaikan BBM dan bahan baku).

Rinso Molto 800 Gram VS Soklin Molto 900 Gram

Rinso Molto 800 Gram VS Soklin Molto 900 Gram

 

Dengan melihat kompetitor yang semakin dahsyat memainkan peranan dipasar, salah satunya Wings dengan produknya So Klin dengan ukuran yang sama 1 Kg, tentu Unilever tak mau kecolongan pangsa pasarnya direbut oleh So Klin. Sehingga dengan melihat keadaan ini, Rinso menggunakan Strategi menurunkan harga untuk mengimbangi gerak kompetitor yang difikir mulai membahayakan Rinso, khususnya untuk ukuran 1 Kg tersebut. Sehingga untuk Rinso ukuran 1 Kg dipasaran di jual dengan harga Rp.15.600 dan untuk Rinso Molto 800 Gram Rp. 13.950. Ini adalah strategi pintarnya Unilever dalam memaminkan harga. Jadi untuk produk yang 800 yang sebelumnya Rp.15.600 turun menjadi Rp.13.950, ada penurunan harga Rp.1650, sebuah permainan yang tak biasa di gunakan untuk produk sekelas Unilever untuk memainkan produk-produknya untuk memenangkan dipasaran. So, inilah uniknya strategi bisnis, bisa dinaikkan atau diturunkan melihat keadaan dan kondisi pasar. Inilah bisnis dan strategi pemasaran suatu produk, perusahaan sekelas Unilever saja berani menurunkan harga hanya ingin merebut kembali pasar mereka yang sedikit demi sedikit sudah mulai digerogoti oleh kompetitor mereka Wings Group. Belum lagi dengan pandai dan ciamiknya pemain yang bergerak di bidang Rinso Molto salah satunya adalah Attack yang dikeluarkan oleh Kao.

Hemm..itulah bisnis, kadang bisa naik kadang bisa turun untuk urusan harga. Jadi dalam permainan ini, Unilever khususnya untuk produk Rinso Molto 800 Gram memainkan strategi menurunkan harga. Namun yang jelas ini adalah pengamatan Saya di lapangan. Bahwa mereka pernah menurunkan harga demi sebuah kemenangan persaingan dipasar.

Untuk urusan produk, jika konsumen lebih teliti, sebetulnya produk Wings dikemas dengan ukuran 900 gram, sedangkan untuk Rinso 800 Gram, ada selisih 100 Gram. Jika Rinso tidak menurunkan harga, tentunya untuk jangka panjang, potensial untuk direbut pangsa pasarnya oleh Wings. Dengan melihat gejala ini di lapangan, tentunya bukan sebuah keputusan yang salah dengan memainkan strategi menurunkan harga jual Rinso 800 Gram. Kenyataan dilapangan juga memberikan fakta bahwa ketika Anda membeli produk-produk Wings, khususnya So Klin memang kadang-kadang sering memberikan hadiah berupa piring, gelas dan semacamnya. Meskipun ini cukup sederhana, namun promo-promo seperti inilah yang saat ini sangat disuai oleh konsumen Indonesia. Tentuny ide cerdik So Kilin inilah yang sangat potensial membahayakan Rinso sebaagai market leader untuk produk detergent.

Catatan:

  1. Tulisan ini adalah untuk pelajaran analisa pemasaran saja, gak ada kepentingan apa-apa dari penulis soal bisnis mereka, entah Unilever atau Wings dan Kao. Sebuah analisa yang unik dan menarik untuk kita pelajari, Rinso vs So Klin.
  2. Harga terbaru saat ini untuk Rinso Antinoda 900 Gram Rp.16.150 dan Ran Molto 800 Gram Rp.14.300 (Harga ini bisa saja berubah-ubah sesuai dimana Anda berada, beda tempat dan area bisa saja ada perbedaan harga). Sampel harga ini Saya ambil untuk wilayah Jawa, mungkin untuk harga di Mall besar semisal Carefour bisa juga lebih murah atau lebih mahal.
  3. Saya hanya fokus menganalisa untuk satu produk Unilever, untuk harga produk kompetitor Wings dan Attack Saya tidak mencantumkan, sebagai informasi pelengkap. Intinya bahwa produk selevel Unileverpun pernah memainkan strategi menurukan harga dalam urusan 4P (Price, Product, Promotion dan Place).
Tags:
author

Author: