Rumah Eksotik Dengan Desain Joglo Modern Minimalis

Rumah Joglo Modern Minimalis

Siapa sih yang tak suka dengan rumah minimalis? Ya, saat ini banyak sekali rumah yang di bangun dengan model bangunan minimalis. Rumah ini cukup di minati di dunia properti karena memang mempunyai keistimewaan dalam hal pengoptimalan ruangan yang berkesan efisien dan simpel. Rumah sederhana ini cukup banyak menjadi incaran para pencari perumahan, khususnya bagi mereka pasangan baru yang masih termasuk kelas pemula dalam memiliki rumah.

Lalu pertanyaan sederhana, bagaimana dengan nasib rumah traditional asli milik bangsa Indonesia khususnya di Jawa dengan model Joglo? Ya..ya..desain rumah tinggalan nenek moyang yang cukup elegan namun sudah mulai ditinggalkan oleh kita. Salah satu alasan yang cukup masuk akal ketika kita mulai meninggalkan membangun model rumah ini adalah karena bentuknya yang terlalu luas untuk ukuran rumah sekarang dan membutuhkan biaya yang mahal untuk membangunnya. Dengan pertimbangan-pertimbangan ini tentunya memangun rumah dengan model rumah joglo bukan lagi sebuah pilihan yang popoler untuk masyarakat Jawa.

Lalu bagaimana solusinya jika Anda memang menyukai banget desain rumah dengan model Joglo, tetapi ingin membangun dengan model yang sederhana dan simpel? Jika ini yang Anda inginkan berarti desain yang paling cocok untuk dipilih adalah desain joglo modern minimalis. Desain rumah yang menggabungkan kehebatan rumah Joglo dengan konsep minimalis merupakan alternatif ketika inggin mengkolaborasikan rumah sederhana minimalis dengan rumah khas traditional Jawa ini. Tentu ini adalah sebuah pilihan yang cukup jitu ketika mengakulturasi desain rumah dengan model klasik dan modern. Ini adalah solusi desain yang cukup unik ditengah derasnya pengaruh pusaran model rumah modern yang kadang-kadang menurut saya sangat mengesampingkan keindahan serta estetika rumah yang elegan.

Desain Rumah Joglo Modern Minimalis

Desain Rumah Joglo Modern Minimalis

Rumah Joglo dengan konsep yang modern tentunya tidak sama dengan rumah Joglo model klasik. Rumah ini yang jelas lebih simpel dan elegan dibandingkan dengan generasi terdahulunya. Jika dulu banyak sekali pernak-pernik yang menghiasi namun sekarang dengan model serta konsep minimalis lebih di simpelkan dan disederhanakan. Yang paling mudah untuk memberikan karakter secara penuh untuk penampilan rumah dengan model Joglo modern minimalis adalah dengan mengambil Soko Gurunya sebagai tiang utama penyangga rumah.

Ini adalah ciri klasik yang diangkat dalam membangun rumah minimalis yang di konsepkan dengan Joglo. Sedangkan untuk tampilan interior dan eksteriornya dipoles dengan tampilan yang sederhana elegan sesuai dengan roh rumah minimalis. Satu lagi yang menjadikan rumah Joglo berkesan minimalis adalah optimalisasi penggunaan seluruh ruangan. Jadi tak ada lagi cerita ada kesan banyak ruang ang mubazir tidak digunakan sebagai kamar dan ruangan untuk rumah minimalis berkonsep Joglo.

Rumah Joglo Modern Minimalis

Rumah Joglo Modern Minimalis

Inti utama untuk mencerminkan rumah Joglo dengan kawinan desain minimalis adalah dengan desain atap yang menjulang layaknya rumah Joglo dengan model Limasan yang terkenal itu. Selain itu ide utama rumah Joglo adalah penyangga untuk ruang utama rumah yang di wakilkan dengan 4 pilar penyangga utama, Soko Guru. Ya, Soko Guru ini adalah menurut salah satu mitosnya hasil spiritual dari tinggalan kerjaan Mataram yang dipercaya bahwa dengan sering gempanya Gunung Merapi di Jogjakarta saat itu diperlukan rumah dengan desain tahan guncangan gempa.

Nah, saat itu ide raja di beri ilham dengan membangun rumah dengan konsep Soko Guru tersebut. Entah benar, entah salah dari cerita itu semua, yang jelas rumah Joglo dengan Soko Guru memang cukup unik dan elegan. Selain eksotik dari sisi penampilan juga mempunyai daya tahan yang bagus ketika terjadi gempa. Memang secara kenyataan rumah Joglo dengan Soko Guru lebih tahan dari guncangan gempa bumi dibandingkan dengan rumah tanpa Joglo Soko Guru empat pilar tersebut. Cukup unik dan kratif bukan?

Tags:
author

Author: