Rujak Cingur Banyuwangi

Rujak Cingur Banyuwangi

Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur. Kuliner dengan rasa khas pedas yang dibumbui petis plus irisan cingur sapi ini merupakan kuliner yang membuat lidah Anda bergoyang karena kepedasan.Heeemmm..ngomong kuliner rujak ini perut Saya menahan air liur karena membayangkan ulegan Rujak yang khas asli nendang dilidah ini. Rujak cingur adalah makanan dengan rasa pedas, namun bukan sembarang rujak. Jika umumnya Anda mengenal rujak dengan rasa buah, menggunakan bahan seperti mangga muda, irisan bengkoang, irisan pepaya muda plus gula yang dilembutkan dengan kacang goreng. Namun ini hampir serupa namun yang menjadikan khasnya adalah cingur, congor (Irisan mulut kulit sapi).

Surabaya sebetulnya juga punya kuliner Rujak Cingur ini, namun Banyuwangi juga mempunyai rujak yang special dari kulit sapi yang terdiri dari irisannya. Bahkan daerah Sidoarjo juga banyak sekali menjual rujak cingur. Tentunya kota Jombang, juga para penjual rujak cingur yang khas Jatim ini. Lalu pertanyaanya, apa sih yang membedakan rujak cingur Banyuwangi dengan yang lainnya. Jujur Saya katakan sebetulnya urusan bahan yang digunakan untuk rujak cingur sama saja, irisan cingur sebagai bahan utamanya. Namun Anda jangan salah, cingur yang digunakan ternyata banyak yang Kw, bukan cingur asli. Biasanya bisa dikamuflasekan dengan cecek, kulit sapi. Jadi ini adalah karena pintarnya para penjual rujak cingur untuk mengkelabuhi, mengakali cingur yang asli dengan cecek sapi . Sepintas lalu, rujak cingur dengan bahan cecek memang rasanya mirip-mirip dengan cingur asli. Namun jika Anda sudah berpengalaman mencoba rujak cingur kemana-mana. Seperti Saya pernah survei di Jombang, di Ngoro Jombang, bahkan di Surabaya, ternyata rata-rata cingur yang digunakan bukan asli. Mereka menggantinya dengan kulit sapi, rambak sapi. Jadi kesimpulan sederhana Saya, bukan cingur asli yang digunakan, namun menggantinya dengan cecek sapi.

Rujak Cingur Khas Banyuwangi

Rujak Cingur Khas Banyuwangi

Rujak Cingur Banyuwangi merupakan kuliner khas Banyuwangi. Namun ini juga measih menjadi tanda tanya, apakah cingur yang digunakan asli cingur apa juga cecek sapi. Namun yang jelas yang membedakan Rujak Cingur Banyuwangi dengan lainnya adalah cara meraciknya, cara mengulegnya dan cara penyajian yang khas di bandingkan tempat lain di Jawa Timur. Sebetulnya sepintas lalu juga seperti itu-itu saja, namun coba Anda rasakan, racikan bumbunya lebih legit, lebih mak nyus untuk rujak Cingur Banyuwangi. Coba deh, Anda pergi ke Banyuwangi! Anda cari yang namanya Rujak Cingur Banyuwangi. Tentua Anda akan merasakan bedanya! hahah Soalnya urusan rasa, akan sedikit diceritakan disini. Namun yang jelas rujak Banyuwangi, lebih keren dengan rujak cingur selain Banyuwangi.

Rate this article!
Rujak Cingur Banyuwangi,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: