Prospek Manis Buah Jeruk Banyuwangi

Prospek Buah Jeruk Banyuwangi

Jika Anda jalan-jalan di daerah Banyuwangi khususnya kawasan Selatan, mungkin Anda akan banyak menjumpai banyak tanaman jeruk di sekitar kiri-kanan persawahan Banyuwangi. Semisal Anda hendak jalan-jalan ke daerah Wisata Pulau Merah, sepanjang jalan mulai dari Jajag, Bangorejo, Pedotan hingga Pesanggaran banyak di taman buah jeruk. “Lalu ada apa dengan buah jeruk di Banyuwangi, kok banyak banget petaninya?. Apa cukup prospekkah menanam jeruk di daerah ini?”.

He,….mmmm, inilah unik dan kerennya Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi memang penghasil komoditi pertanian yang beragam. Kayaknya Banyuwangi memang cukup komplit dan lengkap dengan hasil agronya. Mulai dari Jeruk, Buah Naga (yang saat ini lagi trend di Banyuwangi), buah durian (ada durian khas Songgon, dengan sebutan Dubang), ada juga semangka, dan hampir semua daerah pertanian Banyuwangi bisa ditanami padi. Ini adalah kehebatan Banyuwangi dari sisi sawah, lahan dan perkebunan. Dengan karunia Tuhan yang sempurna, Banyuwangi bolehlah di sebut dengan daerah gemah ripah loh jinawi¬†(kawasan yang subur makmur). Tentunya dengan kesuburan yang dimiliki Banyuwangi dengan banyak ditanaminya jeruk Banyuwangi akan sangat bagus dan prospeknya.

Bisnis Jeruk Banyuwangi

Bisnis Jeruk Banyuwangi

Asal tahu saja, daerah Jajag, Bangorejo memang penghasil jeruk yang bagus dan luar biasa manis buahnya. Jika sedang ada panen raya, mungkin bisa Anda sempatkan bertanya kepada mereka! Karena mereka rata-rata memarkirkan truknya di tepi jalan untuk mengumpulkan jeruk mereka.”Pak Buah Jeruk Ini mau di jual kemana?” Mungkin Anda jangan heran, karena rata-rata mereka menjual jeruk Banyuwangi hingga ke daerah Jakarta, Bandung, Jogjakarta. So, jeruk Banyuwangi memang cukup terkenal manis, semanis bisnisnya, hehe Ya, jeruk Banyuwangi memang cukup bersaing di bandingkan dengan rival terdekatnya, Jeruk Semboro yang berasal dari Jember Jawa Timur, tetangga terdekat Banyuwangi yang juga penghasil jeruk.

So, ini adalah salah satu kemajuan kota Banyuwangi, khususnya dalam mengelola bisnis dalam bidang pertanian. Jika Anda bertanya dari mereka-mereka yang bertani, “kok bisa merawat jeruk hingga sepandai dan semaju itu?”, rata-rata mereka akan menjawab bahwa mereka adalah belajar dengan cara otodidak. Ya..ya..learning by doing adalah sebuah ide pembelajran yang paling baik, belajar sambil mengerjakan langsung. Namun terlepas dari cerita kesuksesan itu semua, memang secara iklim dan tanah Banyuwangi memang cukup cocok dan bagus jika di tanami jeruk. Kesuksesan mereka rata-rata memang karena tanahnya cukup potensial dan bagus untuk di tanami buah jeruk, sehingga segak bisa-bisanya petani di daerah ini jika menanam jeruk tetap akan menghasilkan buah yang memuaskan. Ini adalah keunikan dan kehebatan Banyuwangi dalam soal bisnis perjerukan yang prospeknya lagi moncer di kota yang pernah berjuluk kota santet ini.

Jeruk Banyuwangi

Jeruk Banyuwangi

Untuk urusan harga, jeruk Banyuwangi juga di kenal mempunyai harga yang cukup stabil dan konsisten. Memang kadang-kadang ketika panen raya, bisa jadi harga per jerukan di Banyuwangi bisa turun drastis, namun sturun-turunnya harga jeruk di Banyuwangi, kebanyakan para petani masih bisa menutup biaya operasioanl yang dikeluarkan saat mereka merawat jeruk hingga penen. Namun ini jarang sekali terjadi, tetapi yang paling sering adalah banyak untungnya di bandingkan dengan ruginya. So, banyak sekali petani jeruk Banyuwangi yang sukses merawat jeruknya hingga berangkat haji, menyekolahkan anak-anaknya dengan layak dan seterusnya. Inilah salah satu sektor andalan Bisnis Banyuwangi yang juga mempunyai prospek dan masa depan yang bagus, jeruk Banyuwangi.

Rate this article!
Tags:
author

Author: