Prediksi Kekuatan Jasa Import Barang Setelah MEA

Prediksi Kekuatan Jasa Import Setelah MEA

Pada tahun 2015 Indonesia dan negara-negara Asean akan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yaitu pasar bebas di antara negara Asean, semua negara akan mempersiapkan strategi ekonomi termasuk barang barang berkualitas yang memiliki daya saing dengan negara Asean lainya termasuk kualitas dan kuantitas pangan dalam negeri, dengan pasar bebas maka perdagangan akan masuk secara agresif dan memunculkan persaingan yang ketat, apabila Indonesia tidak siap dengan persaingan maka akan menjadi penonton dan menjadi pangsa pasar yang menguntungkan bagi negara lainya, oleh karena itu Indonesia harus mengenjot kualitas produk dalam negeri agar  meciptakan pasar yang lebih luas. Lalu bagaimana dengan pertumbuhan jasa import barang setelah MEA akan diberlakukan? Ini menjadi pertanyaan yang bagus bagi para pelaku import. Dengan pasar bebas yang menjadi dasar ekonomi antara negara-negara Asean, kemungkinan besar jasa import barang di Indonesia akan tumbuh cepat bahkan menjadi salah satu potensi bisnis yang menjanjikan. Pada tahun 2015 di proyeksikan bahwa akan terjadinya peningkatan penggunaan jasa import sebesar 30%, di Asean akan tetapi untuk negara di luar Asean seperti Asia, Amerika dan Eropa tidak mengalami peningkatan bahkan pasar bebas dengan China tidak ada perkembangan yang signifikan.

Dalam beberapa prediksi oleh  pakar ekonomi bahwa negara yang sipa menghadapi MEA secara 100% ialah Singapura, Malaysia dan Thailand adapun Indonesia masih dalam kondisi mempersiapkan secara ekstra untuk menghadapi MEA. Salah satu prediksi terkuat akan pertumbuhan jasa import barang di Indonesia ialah karena dalam pengelolaan produk masih kalah dengan ketiga negara dalam menggunakan perlengkapan industri modern. Hal ini akan meningkatkan permintaan barang barang oleh masyarakat Indonesia dan posisi jasa eksport import barang akan sangat di untungkan, apalagi kemungkinan besar dalam mengurus persyaratan dan dokument akan lebih mudah, dan masyarakat Indonesia sebagian besar masih awam tentang tata cara import.

Jasa Import

Jasa Import

Faktor lain prediksi meningkatnya jasa import barang dari negara Asean lainya ialah pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dekade terakhir  menunjukan peningkatan signifikan dan relatif stabil sehingga permintaan barang barang berkualitas akan meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri. Untuk itu arus barang akan semakin deras dari negara tetangga dan jasa import barang menjadi fasilitas hingga sampai di tangan pemasar atau konsumen Indonesia. selain faktor pertumbuhan ekonomi, konsumerisme masyarakat Indonesia juga bisa mempengaruhi perumbuhan jasa import barang, karena saat ini masih banyak dari masyarakat yang bangga dengan produk luar negeri terutama barang barang fashion baik itu tas, baju maupun sepatu, kebanyakan konsumsi ini di gandrungi oleh kaum hawa, kecintaan barang dari luar negeri ini akan berdampak negatif pada neraca perdagangan karena meningkatkan nilai import ketimbang eksport namun memiliki positif pada pertumbuhan jasa import barang dari luar negeri. oleh karena itu kita harus memiliki kesadaran untuk mencintai produk-produk dalam negeri agar ketahanan ekonomi kita menjadi lebih baik terutama dalam persaingan MEA.

Sebagai negara terbesar dan memiliki penduduk terbanyak di Asean, membuat Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi negara-negara Asean lainya. Untuk itu Indonesia harus memiliki jasa eksport barang lebih banyak demi kemajuan perdagangan dan juga memasarkan produk dalam negeri ke luar, karena jasa eksport-import memiliki timbal balik bagi perekonomian. Oleh karena itu eksport lebih penting untuk di kembangkan ketimbang jasa import barang, akan tetapi semua itu dipengaruhi berbagai faktor terhadap perkembangan masing-masing jasa.

Tags:
author

Author: