Ciri Bayi Baru Lahir Normal Dan Sehat

Ciri -Ciri Bayi Baru Lahir Normal Yang Sehat

Mempunyai anak itu suatu yang paling indah dan bahagia bagi kedua orang tua, utamanya adalah untuk mama yang baru melahirkan seorang bayi. Dikarenakan sang mama itu pertama kali mempunyai anak, tapi terkadang kedua orang tua itu merasa panik dan cemas tentang keadaan bayinya. Sebetulnya ada beberapa dimana kondisi seorang bayi yang sepintas dapat menimbulkan kecemasan bagi sang ayah dan ibu akan tetapi itu adalah suatu kondisi yang biasa dari sang bayi yang baru di lahirkan. Agar orang tua tidak cemas dan kaget, di sini akan kami beri suatu informasi tentang beberapa kondisi juga tentang ciri bayi yang baru di lahirkan secara normal yang tidak perlu di cemaskan. Apa sajakah itu? berikut penjelasannya;

Inilah ciri bayi baru lahir normal dan sehat adapun fesesnya berwarna hitam kehijauan juga berbau. Bagi sang ibu atau ayah tidak usah cemas apabila bayi itu mengeluarkan feses seperti demikian itu. Namun sebaliknya itu adalah mekonium di awal kelahirannya di dunia yang menunjukan sistem pencernaannya itu normal seperti biasanya. Sesudah dua hari bayi itu akan mengeluarkan yang namanya mekonium, dan di hari yang ketiga ada kemungkinan feces itu telah bercampur sama sisa susu yang bayi itu minum. Namun apabila bayi itu dikasih air susu ibu, biasanya keadaan bayi di awal minggu itu akan sering BAB karena saking seringnya bisa sampai enam kali sehari. Sang ibu lagi-lagi tidak perlu cemas, kondisi seperti ini sangat normal selagi feces itu pada bayi itu berampas.

Adapun masalah berat badan berat bayi itu akan mengalami penurunan pada awal-awal kelahirannya. Ini merupakan suatu kondisi yang normal. Waktu bayi itu terlahir kedunia, sang bayi itu akan membawa tabungan lemak juga cairan yang ada di dalam badannya, adapun tabungan ini gunanya untuk seorang bayi dalam menjalani suatu masa peralihan yaitu dari rahim ke dunia luar. Pasti tabungan ini bakalan menyusut seiring berjalannya hari oleh sebab itu berat badan bayi akan berkurang. Dan yang harus di perhatikan ialah apabila berat badannya terus saja turun dalam waktu satu atau dua minggu sesudah kelahirannya walaupun dia telah di susui ibunya dengan cukup.

Ciri-Ciri Bayi Yang Sehat

Ciri-Ciri Bayi Yang Sehat

Adapun bayi itu terus-terusan meminum air susu ibu. Disamping bayi itu tidur, ciri bayi baru lahir normal dan seahat yang sering di lakukannya ialah meminum air susu ibu. Hal ini bisa difahami mengingat seorang bayi yang baru dilahirkan keadaan lambungnya itu masih sangat kecil yang menjadikan sedikit sekali air susu ibu ditampung. Dan bayi itu akan bisa cepat lapar, biasanya bayi itu minum air susu ibunya setiap dua sampai tiga jam akan minum lagi.

Adapun kalau bayi itu gumah sesudah minum air susu ibu. Kebanyakan bayi akan mengalami hal yang semacam ini yaitu muntah sedikit setelah minum air susu ibu. Hal ini biasanya akan terjadi pada bayi yang setelah disusui bayi itu tidak cepat disendawakan. Supaya bayi itu dapat bersendawa sang ibu sudah cukup dengan menggendongnya dan badannya dihadapkan pada tubuh ibunya, Dan kepala bayi itu biarkan ada di pundak, apabila susah bersendawa sang ibu dapat membantunya menepuk punggungnya dengan tepukan yang ringan.

Inilah ciri bayi baru lahir normal selain yang di atas tadi

-Keadaan bayi itu sering bersin, hal ini merupakan proses pematangan pada sistem pernafasannya.

-Keadaan bayi sering menangis, hal yang seperti ini sangatlah wajar karena menangis itu adalah satu cara bayi bisa berkomunikasi yang dapat bayi lakukan.

-Dan bayi tidak mau menyusus, ada kemungkinan kalau bayi itu kurang nyaman, bagi ibu lebih baiknya memperhatikan bagaimana cara meletakkan yang betul. Jangan tergesa atau cemas, karena antara ibu dan bayinya sama-sama masih belajar.

-Dan ubun-ubun bayi itu berdenyut, hal ini disebabkan karena belahan tulang tengkoraknya masih terpisah.

-Juga tali pusatnya yang basah, selagi tidak ada bau yang di timbulkan bagi ibu tidak usah cemas.

-Keadaan bayi mempunyai jerawat di muka atau milia, hal ini sebagai akibat karena masih ada hormon ibu dengan nanti berjalannya waktu jerawat itu akan menghilang sendiri.

-Air kencingnya mengeluarkan darah, hal ini juga masih sama adanya pengaruh hormon estrogen dari sang ibu. apabila sudah lebih tiga minggu bagi ibu supaya waspada dan cepat bawa ke dokter.

-Dan sebagian bayi ada yang mempunyai kulit yang mengelupas, kering juga tanda lahir, ada bercak kebiruan pada tangan dan juga kaki

-Kulitnya bayi itu keriput.

-Keadaan kulit bayi itu berwarna kuning, apabila kulit itu tidak begitu kuning, bayi itu cukup di jemur setiap pagi tapi tutuplah matanya juga kelaminnya. Dan susuilah bayi itu semaunya.

Demikian artikel tentang bayi baru lahir normal dan sehat semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Rate this article!
Tags:
author

Author: