Aplikasi 4P Unilever Promosi Di Pasar Traditional

Promosi Produk Unilever Khususnya Pasar Traditional

Hari ini saya ingin menulis tentang manajemen, khususnya dalam hal promosinya produk Unilever dalam mempertahankan produknya. Ya, unilever sudah bagus sekali dalam memasarkan produk-produknya, jadi hampir tak ada kata cacat dalam aplikasi pemasaran mereka. PT Unilever Indonesia cukup cerdas, cukup cerdik dalam memainkan seluruh produknya untuk menjejali konsumen Indonesia dengan semua barang produksi dia. Sebelum saya menulis jauh tentang bagamana cerita tulisan ini, alangkah enaknya jika Anda melihat tampilah gambar di bawah ini.

Pajangan Produk Unilever di Pasar Traditional

Pajangan Produk Unilever di Pasar Traditional

Ini adalah salah satu jepretan Saya di toko traditional Jawa Timur. Hemmm… apa sih yang ada dalam benak Anda ketika melihat salah satu pajangan dari salah satu toko kelontong tersebut? Ya, ini merupakan ide cerdas dari Unilever Indonesia untuk mendominasi pasarnya, untuk menguasai pasarnya, untuk mempertahankan semua produk-produknya agar tetap dipilih dan dibeli konsumen. Unilever Indonesia rela dan berani membayar salah satu dari sekian ribu outlet yang ada di Indonesia ini untuk merajai produk-produknya di Indonesia.

Jadi dalam ilmu pemasaran, ini adalah salah satu aplikasi dalam promotions (promosi). Meskipun produk-produk PT Unilever Indonesia sudah menguasai pasar Indonesia, namun mereka terus bergerilya untuk mempertahankan produknya agar selalu diingat di benak konsumen, salah satunya adalah dengan memajang atau mendisplay dipasar-pasar traditional. Jadi jika Anda survey kayak gini ada berapa?

Display Unilever di Pasar

Display Unilever di Pasar

Wow! Jika Anda masih penasaran, mungkin ada ribuan bahkan ratusan ribu display milik Unilever di seluruh pasar traditional Indonesia. Mungkin setiap bulan, bisa jadi milyaran dan dikeluarkan PT Unilever Indonesia untuk membiayai pajangan atau display tersebut di seluruh pasar traditional Indonesia. Ini adalah strategi pemasaran dalam bentuk menguasai, mengingatkan konsumen agar selalu memakai, membeli, menggunakan seluruh produk yang di produksi di Jawa Timur dan Jawa Barat ini.

Jadi inti dari tulisan ini adalah, gimana sih perusahaan sekelas dan segede Unilver terus bertahan agar produknya dicintai konsumen? Salah satunya adalah dengan menempatkan amunisi-amunisi pemasaran yang ada di pasar traditional tersebut. Memang ini biayanya cukup mahal, namun secara jangka panjang akan sangat menguntungkan perusahaan raksasa yang bermarkas besar di Inggris tersebut. Cukup keren dan unik bukan, pemasaran Unilever?

Tags:
author

Author: