Apa Itu Manejemen Pemasaran?

Manajemen Pemasaran

Ilmu manajemen pemasaran sudah dikel lama, namun belum semua orang paham dan tahu apa itu manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran memang di butuhkan oleh setiap perusahaan yang bergerak dibidang apapun, entah perusahaan bisnis atau perusahaan non laba seperti lembaga social dan semacamnya. Manajemen pemasaran saat ini yang cukup terkenal adalah ilmunya Philip Kotler, beliau memang cukup dikenal luas di dunia pemasaran. Ilmu yang paling sederhana dari beliau adalah 4P (Prcie, Product, Promotion dan Place). Ini adalah ilmu paling lawas dan paling sederhana dalam konteks manajemen pemasaran.

4 P, yang terkenal ini rata-rata dibangku perkuliahan manajemen secara dasar diajarkan. Semua mahasiswa khususnya ekonomi mempelajari dengan detail dari variable 4P ini. Rata-rata mahasiswa ilmu ekonomi manajemen paham dan tahu betul; apa itu manajemen pemasaran dari Philip Kotler. Ini adalah rumus dasar yang wajib Anda tahu dan menegrti ketika belajar untuk mengembangkan bisnis Anda, terlebih lagi dalam bidang pemasaran produk-produk rill, semisal consumer good. Sangat di butuhkan dan diperlukan keahlian dalam bidang pemasaran.

Ide Bisnis

Ide Bisnis

Ilmu manajemen pemasaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan dan kemajuan, tetapi jika ditelusur dan ditelaah lebih dalam, semua tetap tidak lepas dari konsep ilmu pemasaran 4 P yang ditelorkan oleh Philip Kotler tersebut. Mau dibidang jasa, semua juga menggunakan ilmu manajemen pemasaran yang telah dimodifikasi dari 4 P untuk pemasaran produk. Ya..ya..secara sederhana cumin itu-itu saja sih, belum bergerak dab berkembang kemana-mana. Jikapun Anda sebagai seorang pengusaha, seorang pebisnis, tentunya dengan mengaplikasikan 4P secara konsisten dan full power, maka perusahaan Anda sudah cukup sangat kuat dan tangguh. Gimana gak tangguh, anggap saja cerita yang paling simple dan sederhana produk milik Anda, dari segi harga milik Anda paling murah tetapi dari sisi produk bukan produk murahan, kemudian saluran distribusi cukup mudah didapatkan yang biasa dikenal dengan bauran pemasaran yang berkata distribution dan kemudian untuk mencari produk Anda cukup mudah dan terjangkau, tentu ini adalah nilai tawar yang luar biasa untuk produk-produk milik Anda.

So, apa itu manajemen pemasaran Kotler? Tentu bias disimpulkan secara simple dan sederhana bagaimana Anda mermpunyai produk secara simultan bias bersaing dan memenangkan pertarungan bisnis Anda, cukup menggunakan startegi pemasaran yang tepat dan terbaik yang dirangkum dari 4P tersebut.

Rate this article!
Tags:
author

Author: