Aneka Koleksi Keren Desain Furniture Multifungsi

Desain Furniture Multifungsi

Desain furniture multifungsi merupakan desain yang cukup ciamik untuk digunakan di ruang dengan ide minimalis. Ya, rumah minimalis adalah rumah yang idenya mini, tentunya jika di beri perabot dengan ukuran jumbo adalah ide yang kurang pas. Ide rumah minimalis identik dengan rumah kecil, “Lha wong rumah kecil kok di beri perabotan yang berkesan sumpek!”, Tentu ini cara yang tidak pas. Adapaun cara yang paling keren untuk menata dan mengatur rumah dengan minimalis adalah dengan menaruh kursi, perabot, furniture multi fungsi. Ya, ini adalah ide smart, satu desain furniture tetapi  dengan sentuhan seni kelas wahid mampu digunakan fungsi yang  beraneka macam. Satu perabot bisa di fungsikan ganda, satu perabot furniture bisa di gunakan untuk macam-macam kegunaan. Ini adalah termasuk desain pintar, desain yang efisien dan mengandung nilai seni yang tinggi, satu perabot untuk macam-macam kebugunaan, bahasa simplenya “Serbaguna lah!”

Desain furniture serbaguna dengan model multifungsi sebetulnya banyak di mulai dari desainer-desainer orang bule, desainer orang barat. Mereka yang mengawali membuat desain satu perabot tetapi untuk fungsi macam-macam. Ya, kenapa mereka yang memulai duluan, bukan kita? Satu pertanyaan yang bagus untuk di jawab. Mereka orang bule rata-rata pola fikirnya sudah mengacu pada konsep efisen, konsep elegan, konsep multifungsi. Karena memang dinegara-negara mereka berasal, selalu dituntut perabot yang efisien, perabot yang murah tetapi mempunyai kegunaan yang ganda. Anda tahu sedirikan, rumah di luar negeri jauh lebih mahal di banding di negara kita, 1 Milyar harga rumah di Inggris misalnya, bukan berari apa-apa bagi mereka, namun 1 Milyar rumah di Surabaya, sudah Wow gitu lho! Dengan perbedaan yang cukup mencolok ini, mereka berfikir, gimana dengan rumah yang tak begitu luas, namun tak berkesan sumpek ketika ditaruh hanya dengan satu perabot, mereka betul-betul memperhitungkan dengan matang ketika hendak meeltakkan satu atau dua perabot di ruangan mereka, tahu sendirikan, harga rumah yang mahal namun dengan luas yang tak seberapa,  mereka mencari jalan keluar, giman rumah yang sempit bisa di beri satu atau dua perabot namun tak berkesan sumpak, mereka terus mencari ide dan berfikir membuat satu perabot namun bisa  digunakan untuk fungsi ganda. Inilah salah satu ide yang melatarbelakangi munculnya banyak desain-desain aneka furniture multifungsi, perabot dengan fungsi ganda, perabot dengan ide serbaguna. Dan munculnya memang kebanyakan dari negeri mereka, negeri orang-orang bule.

Tentu beda bangetkan dengan pola fikir di negeri kita, di negeri ini tanah memang mahal, namun tak semahal di luar negeri, harga rumah memang selangit tetapi tidak mencekik seperti di negeri orang-orang bule tersebut. Dengan kondisi ini ternyata secara tidak langsung mematikan daya kreatifitas di negeri kita. Mendingan satu perabot dalam satu ruang, mendingan menaruh satu almari yang cukup jumbo dalam satu ruang, padahal secara fungsi tak begitu penting-penting benget. Bahasa kita yang paling sederhana adalah masyarakat kita cenderung suka memubazirkan dalam menggunakan perabot dan ruangan.

Mau bukti?Tengok saja salah satu desain rumah dengan gaya Joglo, jika Anda amati betul-betul, banyak ruang mubazir disana-sini. Banyak di bangun rumah dengan luas yang sangat luas namun secara fungsional kurang optimal, terkadang mereka memang membuat rumah ukurannya besar saja, namun hanya difungsikan sesaat ketika ada hajatan saja, ketika kenduri dirumah pemilik tersebut. Tentunya itu perilaku orang-orang zaman dahulu yang masih suka ngguyub, suka kumpul-kumpul bareng bersama anggota keluarga dan kerabta, suka dengan acara bareng-bareng dengan keluarga, semisal bikin hajatan gede-gedean yang membutuhkan ruang rumah yang begitu luas. Tentunya kota memang masih mahfum karena orang satu kampung memang diundang. Inilah kegunaan rumah-rumah orang tempo dulu, jadi banyak ruang yang berkesan kosong, mubazir ketika hari-hari biasa.

Jadi ini sisi positif dan sisi negatif, jika melihat sejarah dan kegunaan rumah orang-orang dulu. Namun rumah orang-orang modern cenderung berbeda! Mereka memang membangun rumah, melihat harga tanahnya saja sudah mahal, melihat harga-harga material saja sudah sedemikian mahal, tentunya mereka berfikir untuk membangun rumah dengan biaya yang murah dan cukup efisien, serta fungsional. Inilah yang dinamakan rumah minimlis. Seiring perkembangan zaman, secara otomatis rumah minimalis itu rumahnya kecil dan sederhana, tentunya tak diperlukan perabot dan furniture ukuran jumbo, justru dibutuhkan yang kecil namun cukup fungsional, makanya di desainlah furniture multifungsi, desain furniture serbaguna. Dengan ide desain satu furniture namun bisa digunakan dengan berbagai model dan keperluan.

Tags:
author

Author: