5 Hal Unik Belanja di Pasar Pagi

5 Hal Unik Belanja Pasar Pagi

Buat kamu yang suka belanja pasti nggak aneh lagi dengan tempat satu ini. Pasar, sepertinya bukan lagi tempat yang hanya didominasi oleh perempuan-perempuan setengah baya dengan kantung plastik besar hasil belanjaan.

Tempat satu ini kini bisa jadi destinasi wisata, landmark suatu kota atau tempat cari makan murah meriah namun khas dan menggoyang lidah.

Pasar, adalah tempat dimana segala macam benda, makanan dan bahas masakan dijual murah meriah lagi segar.

Dan dipostingan kali ini, kami akan bagi-bagi informasi terkait uniknya belanja di Pasar Pagi.

Pasar pagi ? Iya, pasar yang cuma ada di pagi hari.

Berikut 5 keunikan belanja di Pasar Pagi versi kami :

  1. Kebanyakan hanya menjual bahan masakan rumahan

Di pasar pagi jarang sekali akan kamu temui penjual pakaian atau aksesoris. Konsumen yang belanja di Pasar Pagi biasanya kebanyakan hanya membeli bahan masakan sekali masak untuk kebutuhan sehari-hari di rumah. Seperti sayuran segar baru petik, contohnya bayam, kangkung, dan daun singkong atau kue-kue khas jajanan pasar seperti donat gula, lambang sari, dadar gulung dan pisang goreng yang hanya bisa kamu beli di pasar. Semua sekali lahap, karena biasanya belanja di Pasar Pagi memang dimaksudkan untuk membeli kebutuhan makanan di rumah bila pemilik rumah sedang tidak masak dengan alasan sibuk atau sedang ingin ici-icip masakan luar berharga rumah dengan ciri khas rumah yang sangat kuat.

  1. Pasar pagi muncul tiba-tiba

Salah satu keunikan dari pasar pagi adalah kemunculannya yang serba tiba-tiba. Mungkin di wilayah tempat kamu belanja di Pasar Pagi sekarang yaitu disekitar rumahmu beberapa waktu yang lalu tidak kamu dapati adanya pasar pagi atau sekumpulan orang yang belanja di Pasar Pagi. Namun kini kamu sadari setiap pagi ada segerombolan pedagang yang menggelar lapak jualannya dan pembeli yang belanja di Pasar Pagi sehingga munculah sebuah pasar disekitar rumahmu.

Ya, kebanyakan pasar pagi memang muncul tanpa perjanjian sebelumnya, biasanya diawali dengan 1 atau 2 pedagang yang menjual masakan jadi di pagi hari yang ternyata laku keras maka dengan sendirinya beberapa waktu kemudian akan muncul pedagang ke 4, 5 dan seterusnya dengan menjual hal-hal yang bervarasi ikut meramaikan. Sehingga bisa disimpulkan pasar pagi muncul secara tiba-tiba bahkan kadang tempat mengadakan kegiatan pasar pagi adalah tempat yang sibuk dipertengahan hari sehingga jika memasuki waktu sibuk kegiatan belanja di Pasar Pagi pun harus disudahi.

Belanja Pasar Pagi

Belanja Pasar Pagi

  1. Menjual di dalam kendaraan

Karena tempatnya yang bersifat sementara alias hanya available di pagi hari saja, tidak jarang kita temui kegiatan belanja di Pasar Pagi dilakukan oleh pembeli ke penjual yang berada di dalam kendaraan. Seperti Kami temukan dibeberapa lokasi belanja di Pasar Pagi yang menjual pecel dan karedok. Sudah jad hal yang biasa terutama jika penjual menggunakan mobil dengan bagian belakang yang luas maka ia akan melayani pembeli yang belanja di Pasar Pagi dari dalam mobilnya. Hal ini tentu unik sekali dan salah satu pembeda antara pasar pagi dan pasar tradisional pada umumnya.

  1. Juga menjual hal unik

Selain makanan kita akan dapati juga berbagai hal-hal unik untuk melengkapi belanja di Pasar Pagi. Meski tetap didominasi oleh sayuran, jajanan kue khas pasar atau masakan matang untuk sarapan, di pasar pagi juga tersedia beberapa jualan unik seperti beberapa parlengkapan bayi atau kaos –kaos dewasa dalam skala banyak. Memang hal ini tidak cukup berbeda dengan yang ada di pasar tradisional pada umumnya. Namun akan terasa uniknya jika kita benar-benar merasakan sedang melakukan kegiatan belanja di Pasar Pagi lalu dideretan jajanan pasar tiba-tiba kita temukan ada pakaian bayi warna-warni yang digantung di hanger lalu dijajar disebuah gantungan lemari. Tentu hal ini menerbitkan senyum pada kita karena mengingat begitu berbedanya jenis barang yang dijual antar satu penjual dengan lainnya (jomplang kalau kata anak sekarang).

  1. Jauh lebih murah

Nah kalau yang ini, keunikan sekaligus kelebihan belanja di Pasar Pagi. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi murahnya harga barang di pasar pagi. Diantaranya karena tidak ada uang keamanan, listrik, sewa dan jaga. Karena semua dilakukan sendiri oleh penjual. Tidak ada pemilik tempat, karena dilakukan di perempatan jalan terbuka yang biasa dilewati banyak orang, tidak butuh uang listrik karena belanja di Pasar Pagi dilakukan di luar ruangan dengan pencahayaan total mengandalkan matahari. Untuk keamanan, masing-masing penjual bertanggung jawab atas jualannya masing-masing jadi tidak ada istilah harus bayar orang untuk menjaga.

Faktor lainnya, karena barang yang dijual kebanyakan adalah masakan matang yang jika tidak laku sekaligus dalam sehari tidak memungkinkan dijual di hari lain. Dimakan sendiri pun jatuhnya rugi, maka kadang penjual memilih menjual dengan harga yang murah asal laku dan pulang tanpa jualan sisa juga membawa untung untuk jualan hari selanjutnya.

Oke, 5 poin selesai untuk menjelaskan mengenai keunikan belanja di pasar pagi. Cukup unikkan ? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa belanja di pasar pagi ya.

Rate this article!
Tags:
author

Author: