4 Desain Rumah Etnik Bergaya Eksotik Modern

Desain Rumah Traditional Modern Yang Eksotik

Ketika banyak orang terlena dengan desain modern dengan model minimalis, tentunya syah-syah saja jika Anda masih mempertahankan rumah dengan gaya traditional dengan sentuhan etnik modern. Ya, rumah dengan mengusung konsep rumah traditional namun dikawinkan dengan model rumah modern tentu akan menjadi rumah yang cukup sempurna. Sempurna dari sisi artnya, sempurna dari sisi kenyamanan dan sempurna pula dari keseimbangan desain rumah dari akulturasi modern dan klasik modern. Hemmm…rumah yang cukup asik dan ciamik untuk dimiliki.

Dalam tulisan sederhana kali ini, Saya ingin menulis tentang 4 jenis desain rumah yang asli desainnya traditional, namun dikemas dengan gaya modern yang khas dan menarik. Ya..ya.. jika kita tidak mempertahankan sesuatu yang kuno namun cukup unik dan kreatif untuk dibangun untuk sebuah rumah yang asik dan bergaya etnik, lalu siapa lagi yang mempertahankannya? Apakah kita rela desain-desain bergaya traditional tersebut mengalami kepunahan? Desain rumah gaya kuno tersebut hilang begitu saja, seakan ditelan bumi dan hanya menjadi catatan sejarah penting bekas kejayaan negeri kita, bahwa ita pernah punya rumah traditional yang eksotik dan menawan.

Memang sih pusaran zaman memang tak bisa dipungkiri bahwa dengan pergerakan zaman yang lebih modern, kebutuhan orang akan membangun rumah yang simpel dan sederhana, keinginan untuk orang berfikir praktis, tentunya menjadikan rumah-rumah bergaya modern hari ini tak layaknya gubuk yang hanya dipoles dengan sedikit sentuhan atap yang simpel dan sederhana. Jika seandainya nenek moyang kita masih bisa melihat hari ini, tentu mereka akan mengelus dada dan merasa prihatin, karena asli desain dan karya mereka mulai banyak ditinggalkan dan dilupakan orang. Ini cukup disayangkan! Khususnya oleh Saya, sebagai pengagum dan penikmat rumah-rumah bergaya traditional yang sudah mulai luntur dan punah tidak digunakan orang. Mulai banyak ditinggalkan banyak orang, karena tergerus oleh modernisasi zaman. Inilah fakta dan realita yang ada, khususnya untuk model serta desain rumah-rumah traditional yang cukup unik dan eksotis itu. So, dalam tulisan sederhana kali ini, Saya ingin menulis tentang keistimewaan desain rumah-rumah masa lalu, rumah traditional yang unik dan eksotik yang menurut Saya harus di jaga dan dilestarikan menjadi bagian desain rumah modern yang berkesan unik dan menunjukkan sebuah kekreatifan suatu budaya bangsa, menunjukkan jati diri bangsa, khususnya dalam hal desain dan bentuk rumah traditional yang keren. Ya, cukup keren menurut Saya! Cukup unik dan eksotik habis deh!menurut Saya. Inilah jati diri bangsa yang sejati dan harus dipertahankan, jika perlu dikenalkan pada dunia International bahwa kita mempunyai budaya membangun rumah yang unik, artistik, keren dan bergaya klasik yang cukup keren.

Interior Rumah Traditional

Interior Rumah Traditional

Inilah 4 Desain Rumah Keren Bergaya Traditional

  1. Rumah Bergaya Bali Modern

Catatan Saya yang pertama cukup keren dijadikan ide desain rumah yang diambil dari gaya traditional dan dimodifikasi dengan gaya modern adalah rumah traditional Bali. Saya melihat Bali bukan karena asli daerahnya yang keren dan eksotik. Namun karena memang desain rumah traditional bergaya Bali cukup ekstotik dan modern untuk dijadikan desain rumah. Gimana gak keren, Lha modelnya saja jika dilihat sudah menyenangkan, cukup artistik sehingga ketika melihat, jadi gimana gitu! Ya..ya..rasa ini tak bisa dipungkiri ketika melihat model-model rumah beragaya super etnik ini. Menurut Saya, rumah traditional Bali akan cukup eksotis jika dikombinasikan dengan desain modern, khususnya bergaya minimalis. Idenya cukup sederhana, tinggal kita optimalkan gaya klasiknya atau gaya modernya. Jika Anda suka dengan gaya klasik yang kental, tentunya di optimalkan gaya kuno dan klaiknya. Jadi ini akan membangkitkan sebuah selera dalam membangun rumah yang ide dan tema utamanya adalah rumah bergaya traditional Bali, namun dipoles dan dikondisikan bergaya modern. Cukup unik dan ciamik bukan? Rumah traditional di bangun dengan gaya modern minimalis. Ya, kenapa kawinan yang paling ideal menurut saya hari ini adalah gaya rumah minimalis ala Bali? Tentunya kita lebih melihat dari sisi fungsional dan kegunaan. Jika rumah Bali traditional lebih unggul dari sisi art dan seninya keindahan dan penataan interior dan eksteriornya. Sebaliknya rumah minimalis terkenal unggul dari sisi optimalisasi penggunaan ruangan dan gayanya yang khas simpel, sederhana tetapi cukup anggun dan elegan untuk tampilan rumah modern.

Rumah Gaya Bali Modern Minimalis

Rumah Gaya Bali Modern Minimalis

  1. Rumah Gebyok Minimalis

Rumah Gebyok minimalis termasuk desain rumah modern namun tak meninggalkan keagungan seni ukir klasik yang terkenal itu. Ya, dengan aksesoris Gebyok sebagai penghias jendela, pintu utama rumah, sekat antar ruang rumah, tentunya ini menjadi bagian rumah modern yang kental dengan sentuhan etnik. Ya, ini adalah rumah yang modern, namun tidak lupa menyematkan interior dan ekterior bergaya klasik ini.

Gebyok hari ini sudah lebih mudah dijumpai di gallery, pengrajin lokalan yang dibesarkan dari karya-karya UKM. Semisal jika Anda tinggal di kawasan Jombang, tentunya mencari dan memilih pintu Gebyok dengan gaya traditional modern cukup mudah. Lihat saja di daerah sentra home industri sepanjang jalan Mojoagung menuju Pare dan Kandangan Malang banyak sekali dijual dipinggir jalan pintu dan gebyok traditional. Bentuknya yang eksotik, tentunya akan cukup unik dan super keren untuk penampilan rumah modern dengan sentuhan traditional milik Anda.

Hanya berangkat dari industri rumahan, tentunya desain Gebyok bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah, daripada Anda harus membeli dari seni dan gallery yang sudah terkenal besar, seperti di kawasan Kudus, daerah Surabaya yang aslinya bukan penghasil pintu dan jendela Gebyok. Namun hanya sebatas tempat untuk menjual saja, bukan sentra produksi aslinya.

So, rumah Gebyok minimalis menurut Saya adalah satu dari sekian desain traditional yang bisa Anda gunakan untuk keeksotikan rumah modern milik Anda. Desain pintu, jendela Gebyok ini sangat cocok untuk rumah Anda yang bergaya minimalis, terutama untuk menghias interior dan eksteriornya. Jika rumah minimalis terkenal dengan gayanya yang cukup sederhana dan simpel, tentu dengan Anda menempatkan Gebyok sebagai pintu utama akan emnajdi desain yang cukup eksotik serta modern. Jika akan terlihat tidak terlalu simpel-simpel banget deh! Namun masih ada seni dan gaya yang mencerminkan gaya traditional yang khas, sebagai wakil jati diri bangsa yang terkenal dari seni dan artistik membangun rumah.

Desain Rumah Gebyok Modern Minimalis

Desain Rumah Gebyok Modern Minimalis

  1. Rumah Desain Joglo Minimalis Modern

Rumah dengan desain Joglo minimalis modern adalah rumah yang dikonsep dengan gaya modern tetapi tidak meninggalkan identitas diri bangsa yang khas, khususnya dalam mempertahankan desain rumah traditional ala Jawa ini, Rumah Joglo. Ya, dengan Anda mengkolaborasikan desain rumah Joglo yang terkenal dengan 4 pilar Soko Gurunya itu sudah termasuk mempertahankan dan melestarikan budaya traditional, khususnya dalam bentuk dan desain rumah.

Sebetulnya untuk membangun rumah dengan gaya modern beragaya Joglo ini cukup simpel dan sederhana. Sederhananya adalah desain dan bentuk rumah ini tinggal mengupload untuk ruang utamanya dengan desain Joglo. Sedangkan untuk polesan interior dan interiornya Anda gunakan bergaya minimalis. Cukup simpel dan sederhana bukan? Ya, tak perlu dengan desain yang aslinya aneh-aneh untuk rumah bergaya modern, cukup nyawa utama rumah dengan 4 pilarnya, sudah cukup untuk menghadirkan rumah bergaya modern namun dengan mempertahankan gaya traditional yang khas, desain Joglo minimalis modern.

Rumah Traditional Joglo

Rumah Traditional Joglo

  1. Rumah Bata Ekpose Gaya Majapahit

Desain berikutnya ini sebetulnya kurang begitu terkenal, atau ini hanya istilah Saya saja untuk memudahkan penyebutan rumah. Kenapa Saya menyebutnya dengan gaya Majapahit? Ya, karena rumah ini Saya juga belum tahu asal muasalnya dari mana, namun yang jelas Saya berani menyebutnya dengan rumah Majapahit karena memang rumah ini diklaim oleh pemerintah Mojokerto sebagai desain rumah tinggalan nenek moyang mereka di zaman kerajaan Majapahit. Rumah ekpose bergaya Majapahit ini di anggap sebagai kultur asli rumah Majapahit. Bahkan di kawasan Bejinjong Trowulan hari ini dibuat yang namanya kampung Majapahit. Kampung ini memang di bangun oleh pemerintah Mojokerto sebagai media untuk melihat dan menikmati keeksotikan desain rumah bergaya klasik zaman Majapahit dulu. Dengan gaya rumah ekpose (rumah dengan batu bata tanpa plester) rumah ini banyak di bangun di kawasan tersebut. So, menurut Saya, rumah yang bergaya klasik ini bisa di modifikasi sedemikian rupa untuk menampilkan rumah bergaya traditional modern dengan batu bata ekpose sebagai tembok utamanya.

Jika Anda ingin memabngun rumah model ini dengan kawinan rumah minimalis, tentu akan menjadi rumah yang sangat khas asli bangsa Indonesia. Dengan gaya bangunan yang cukup sederhana, tentu sudah cukup unik dan kreatif untuk desain rumah modern Anda. Dengan keeksotikan dan tektur yang asli bernuasa batu bata merah, tentu ini akan menjadi rumah bergaya modern namun mempunyai gaya klasik dalam bentuk dan tampilan rumah. Cukup kerenlah menurut Saya rumah dengan Gaya Ekpose ini.

Desain Rumah Ekpose Majapahit

Desain Rumah Ekpose Majapahit

Tags:
author

Author: